Pastikan Kamtibmas Kondusif Hingga Jajaran, Sat Sabhara Polres Lobar Pantau Kegiatan Unit-unit di Polsek

  • Share

HukrimNTB.com – Satuan Sabhara Polres Lombok Barat pantau kegiatan-kegiatan preventif jajarannya, hingga tingkat Polsek, diantaranya kegiatan Patroli yang dilakukan oleh unit-unit Sabhara Polsek, Senin (30/11).

Kasat Sabhara Polres Lombok Barat Iptu Bambang Indrat Sugianto, S. Sos mengatakan selain melakukan kegiatan preventif berupa patroli, juga focus terkait penerapan protocol Kesehatan pada Masyarakat.

“Unit Sabhara Polsek KP3 Lembar melaksanakan giat Razia penertiban penggunaan Masker dan pemantauan kepada  Pengguna jasa dan Masyarakat pelabuhan Lembar,” ungkapnya.

Kegiatan Razia dan Penertiban Penggunaan Masker  dilaksanakan untuk memantau sekaligus mengingatkan Tetang penerapan Perda NTB nomor 7 tahun 2020, di Pelabuhan yang merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Lombok dan NTB.

“Bagi yang masih mengabaikannya maka diberikan Tindakan berupa  teguran lisan, tindakan lainnya, sebagai efek jera dan pengingat akan pentingnya protocol Kesehatan ini,” ujarnya.

Untuk memastikan keamanan dan kenyaman pengguna jasa penyeberangan, dilakukan patroli di atas  Kapal yang berlabuh di Pelabuhan Penyebrangan Asdp Lembar.

“Dalam aktifitas pemuatan kapal juga dijaga ketat, guna cegah kejahatan konvensional dan  memberi himbauan, untuk wajib menggunakan masker dan jaga jarak selama dalam pelayaran,” imbuhnya.

Kegiatan Operasi Non yustisi juga dilakukan oleh jajaran Sabhara Polsek Lembar, yang dilakukan secara mobile, untuk memastikan penerapan protocol Kesehatan pada Masyarakat.

“kegiatan non Yustisi dilakukan secara mobile, serta patroli yang ditingkatkan untuk mengantisipasi aksi kejahatan di wilayah hukum Polsek Lembar,” tuturnya.

Untuk di Wilayah lembar, dilakukan pengawasan dan kontrol Penjaga kandang kumpul, dialogis bersama masyarakat, komplek perumahan dan komplek pergudangan untuk antisipasi pencurian termasuk pencurian ternak.

“Patroli dialogis Polsek lembar juga menyasar tempat keramaian seperti objek wisata Rest Area Tanjung Nyet, pelabuhan Gili Mas, Fokus melakukan himbauan protocol Kesehatan,” sambungnya.

Beralih ke wilayah Gerung, kegiatan Patroli menyasar di Simpang tiga Dsn.Kebon Kongok, Ponpes Al Muslimun Dsn.Kebon Kongok, Kantor Desa Gapuk, Jalan By Pass Bil I dan Bil II, serta kompleks perkantoran.

“Untuk di Wilayah Labuapi, Kegiatan patroli mencegah balap liar dilakukan di jalur BIL 2 (Wilkum Polsek Labuapi) Ds. Bajur, Kec. Labuapi Kab. Lobar,” imbuhnya.

Banyaknya perumahan di Labuapi, beberapa perumahan juga menjadi sasaran kegiatan patroli, diantaranya Perumahan Royal zam-zam flamboyan dan Perumahan Muhajirin 2 dan 3 di Desa Terong tawah, Kec. Labuapi Kab. Lobar

“Untuk diwilayah sekotong, melakukan control di Obyek Vital SPBU dusun empol desa cendi manik kec sekotong kab lobar,  Perumahan padat penduduk desa cendi manik kec sekotong kab lobar,” paparnya.

Dari semua rangkaian kegiatan patroli rutin ini adalah untuk mengantisipasi tindak kriminalitas Curat, Curas dan Curanmor dan gangguan Kamtibmas lainnya.

“Sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas kepada warga agar tetap waspada terhadap lingkungan sekitar dan bersinergi dengan aparat kepolisian untuk menjaga keamanan,” tandasnya.

Termasuk menghimbau dalam setiap aktifitas kegiatan untuk mengikuti aturan pemerintah dengan menerapkan Protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru guna pencegahan penyebaran Covid 19.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *