Polsek Senggigi Bantu Evakuasi 2 Rumah Warga Batulayar yang Tertimpa Pohon Tumbang

  • Share

hukrimntb.com – Hujan deras yang disertai angin kencang kini banyak terjadi di berbagai wilayah, khususnya di Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat.

Hujan disertai dengan angin kencang Kembali memicu terjadinya pohon tumbang, Minggu. (6/12)

Kali ini, pohon tumbang menimpa rumah warga yang berlokasi di Dusun Duduk Bawah Desa Batulayar Barat Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Senggigi AKP Bowo Tri Handoko, S.E., S.I.K., mengatakan, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 20.00 WITA dan bersama personilnya langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Kami bersama anggota piket saat itu segera menuju TKP untuk melihat kondisi terkini atas peristiwa tersebut dan bersama warga membantu untuk mengatasi pohon tersebut dengan alat seadanya,” ungkapnya.

Diketahui pohon tumbang tersebut berjenis Banten dengan ukuran sedang menimpa 2 rumah warga yang berada didekat pohon tersebut.

“Sebuah Pohon berjenis banten berukuran sedang ini tumbang menimpa 2 rumah warga,” ujarnya.

Adapun identitas pemilik rumah tersebut diantaranya bernama Aziz dan seorang pemilik lagi bernama Rahman yang memiliki usaha perbengkelan.

“Sebagian bangunan bagian depan mengalami rusak berat dan menimpa salah satu bengkel milik warga juga,” pungkasnya.

Menurut Kapolsek Senggigi bahwa kejadian tersebut berawal dengan adanya hujan disertai angin yang bertiup kencang di wilayah tersebut mengakibatkan pohon yang tidak mampu menahan kencangnya angin sehingga pohon tersebut tumbang.

“Sebelumnya hujan deras disertai dengan angin kencang mengguyur wilayah tersebut dan pada akhirnya dengan angin yang bertiup kencang mengakibatkan pohon tidak mampu menahan dan menimpa teras rumah serta Bengkel Ar Rahman,” imbuhnya.

Dalam kejadian pohon tumbang tersebut Kapolsek mengerangkan tidak ada korban jiwa dikarenakan saat terjadinya peristiwa tersebut, kedua pemilik rumah tidak sedang berada di lokasi.

“Tidak ada korban jiwa atas musibah pohon tumbang ini, karena kedua pemilik saat itu tidak sedang berada di dalam rumah,” bebernya.

Selanjutnya, dengan menggunakan alat seadanya Polsek Senggigi bersama warga segera memotong pohon tumbang tersebut.

“Bersama warga sekitar kami lakukan pemotongan dengan menggunakan parang secara berhati-hati mengingat pohon tumbang tersebut juga menimpa Kabel Listrik,” tandasnya.

Selanjutnya, atas kejadian yang menimpa warga Desa Batulayar Barat tersebut Pihaknya Kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar dalam mengantisipasi bersama potensi gangguan yang terjadi.

“Bila ada Pohon didekat rumah yang sekiranya sudah tua dan lapuk bisa dipangkas untuk mengurangi resiko terjadinya peristiwa seperti ini,” Imbaunya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *