Pemangkasan Ranting Pohon Lapuk, Antisipasi Forkopimcam Lembar Siaga Bencana

  • Share

hukrimntb.com – Mengantisipasi Gangguan Kamtibmas terhadap cuaca ekstrim yang terjadi beberapa waktu yang lalu hingga saat ini, Forkopimcam Lembar Kabupaten Lombok Barat lakukan pemangkasan ranting pohon di wilayah hukum Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Kamis. (10/12)

Dalam kegiatan pemangkasan ranting pohon tersebut, Kapolsek Lembar bersama anggota didampingi Pemerintah Kecamatan Lembar, Koramil Gerung, Kades dan Kadus berserta masyarakat setempat berjibaku memangkas ranting pohon yang berada pada ruas-ruas jalan.

Kapolsek Lembar Ipda Boy Ari Purnomo, S.H., mengungkapkan pihaknya secara proaktif menggandeng TNI dan Pemerintah Kecamatan Lembar untuk melakukan monitoring terhadap perkembangan situasi wilayahnya mengingat kondisi cuaca yang tak menentu yang dihadapi pihaknya.

“Cuaca ekstrim seperti hujan deras dan angin kencang ini berpotensi sering menyebabkan pohon tumbang dan banjir, untuk itu kami secara aktif tetap melakukan pemantauan Kamtibmas di wilayah kami dan menghindari pohon tumbang, kami lakukan pemangkasan ranting pohon secara berkala,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari masyarakat setempat dengan turut bersama memangkas dan membersihkan sisa ranting pohon yang berada pada ruas jalan.

“Masyarakat sangat antusian berperan aktif bersama kami untuk melakukan upaya pencegahan ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan mengingat jalan ini juga nantinya akan dilalui bersama – sama,” imbuhnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh segenap Forkopimcam Kecamatan Lembar ini diketahui telah tercatat beberapa peristiwa bencana alam yang terjadi seperti pohon tumbang dan ranting patah dan secara berkesinambungan melakukan upaya pencegahan ini.

“Menghindari maraknya kejadian pohon tumbang yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lombok Barat, kami mengambil Langkah inisiatif memangkas pohon yang sudah terlihat lapuk yang mengarah ke jalan raya.

Lokasi yang dilakukan pemangkasan oleh Forkopimcam Kecamatan Lembar ini diantaranya di Depan SD 1 Labuhan Tereng tepatnya di Jalan Datok Kedaro yang menghubungkan jalan menuju daerah sekotong Lombok Barat.

Selanjutnya, Ipda Boy menerangkan Polsek Lembar dalam perannya menjaga Stabilitas Kamtibmas di Wilayah Kecamatan Lembar tetap secara konsisten untuk melakukan patroli dalam memantau perkembangan situasi cuaca ekstrim diwilayahnya.

“Selanjutnya, menghimbau Masyarakat Kecamatan Lembar, kami terus lakukan melalui kegiatan patroli yang menyasar kepada Kamtibmas pada pemukiman warga untuk tetap waspada dan lebih berhati-hati bilamana beraktivitas dimanapun,” terangnya Kapolsek Lembar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *