Dokpol Polda NTB Bersama Urkes Polres Lombok Tengah Periksa dan Identifikasi Odontogram Gigi Para Tahanan

  • Bagikan

Praya – Urkes Polres Lombok Tengah bersama Biddokes Polda NTB, melakukan identifikasi odontogram gigi para tahanan di Rumah Tahanan Polres Lombok Tengah (Polsek Kopang, Selasa (22/12/2020).

Paur Kes Polres Lombok Tengah Bripka Rosi Jaya yang turut mendampingi tim dari Polda NTB, mengatakan kegiatan ini bertujuan mendapatkan gambaran penerapan sistem informasi rekam medis gigi yang sesuai standar nasional serta terwujud dan terujinya sistem informasi rekam medis gigi yang mampu digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan terhadap identifikasi manusia.

“Jadi, nantinya hasil dari pemeriksaan ini akan kita masukan dan simpan dalam database di Disaster Victim Identification (DVI) Polda NTB jika diperlukan sewaktu waktu untuk identifikasi,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan gigi Bripka Rosi menambahkan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh tahanan. Adanya pemeriksaan kesehatan ini untuk mengetahui jika ada tahanan yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya, sehingga dapat segera dilakukan tindakan medis.

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Alhamdulillah tidak ditemukan adanya tahanan yang sakit,” terang Rosi.

Ia menambahkan, untuk kegiatan pemeriksaan odontogram gigi ini sudah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesi no. Pol : 4 tahun 2005, tentang Pengurusan tahana di rumah tahanan Kepolisian Republik Indonesia. Kegiatan tersebut akan dilakukan periodik setahun sekali.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *