Lakukan Pengamanan, Polsubsektor Kuripan Monitor Pelaksanaan Vaksinasi ovid-19

  • Share

Kuripan – Hari ini Vaksinasi Covid-19 produksi sinovac pertama untuk tenaga kesehatan Puskesmas di Puskesmas Kuripan Kec. Kuripan Kab. Lombok Barat, Senin (25/1).

Kapolsubsektor Kuripan Iptu Agus Supriadi, SH.,  saat memonitor dan melakukan pengamanan mengatakan tenaga kesehatan Puskesmas kuripan yang di Vaksinasi hari ini Sasarannya sebanyak 10 Orang.

“Sesuai dengan aplikasi screening pusat hari pertama dilakukan vaksinasi terhadap 10 Nakes dan untuk tenaga kesehatan lainnya menunggu aplikasi screening keluar dari pusat,” ungkapnya.

Dimana sebelum Vaksinasi dilaksanakan, tenaga kesehatan melakukan sterilisasi ruangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan Vaksin.

“Melakukan pemeriksaan Kesehatan, meliputi tekanan darah serta penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes, dan ginjal untuk memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19 produksi sinovac,” jelasnya.

Peserta penerima Vaksin hari ini juga sudah menerima kartu tanda vaksinasi sesuai aplikasi screening dari pusat dan untuk pelaksanaan Vaksinasi dilaksanakan langsung oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kuripan .

“Dari informasi dari pihak Kesehatan, untuk pemberian dosis vaksin kedua yakni 14 hari setelah pemberian dosis pertama dan setelah divaksinasi lainnya melakukan observasi selama 30 menit,” jelasnya.

Dalam masa 30 menit tersebut akan dilihat reaksi, bila terdapat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) akan dilakukan tindakan lanjut.

“Setelah dilakukan monitoring, sisa vaksin sebelumnya 59 buah, dan sudah terpakai sebanyak 10 buah, sehingga hari ini sisa Vaksin yang ada di Puskesmas Kuripan saat ini sebanyak 49 buah,”terangnya.

kemudian adapun Sisa vaksin tersebut di simpan diruangan penyimpanan obat (coolcin )dengan suhu dibawah 8 Drajat Celcius, dengan pengamanan dilakukan oleh personel Polsubsektor Kuripan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *