Kapolres Sumbawa Pimpin Batalyon Vaksinator Gelar Layanan Vaksin Drive Thru

  • Share

Sumbawa Besar- NTB

Polres Sumbawa Polda NTB menggelar kegiatan vaksin Covid-19 secara drive thru. Hal ini dilakukan, guna mendukung program vaksinasi pencegahan penyebaran Covid-19 oleh pemerintah.

Kegiatan ini, dilaksanakan di lapangan tenis Polres Sumbawa, Selasa (30/3) sore. Dalam kegiatan ini, puluhan pengendara kendaraan bermotor divaksin. Dimana pengendara yang lewat dan bersedia untuk divaksin, langsung didata. Untuk kemudian divaksin oleh petugas.

Kegiatan ini, dihadiri oleh Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Muhammad Husni, M.Si., Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK., M.H., Kadis Dikes Sumbawa, Drs. H. Didi Darsany, Apt., pimpinan BUMN Cabang Sumbawa, serta jajaran Polres Sumbawa.

Ditemui seusai kegiatan, Pjs. Bupati Sumbawa, Ir. Muhammad Husni, M.Si., mengucapkan terimakasih atas inovasi yang dilakukan oleh Polres Sumbawa. Guna mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat di Kabupaten Sumbawa. “Karena vaksinasi ini penting. Karena bertujuan untuk mempercepat upaya pemerintah, dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ini,” ujar Husni.

Dengan kegiatan ini, diharapkan kegiatan perekonomian di tengah masyarakat bisa kembali normal seperti sedia kala.

Kadis Dikes Sumbawa, Drs. H. Didi Darsany, Apt menambahkan, untuk kegiatan satu hari itu, pihaknya menyiapkan sekitar 20 sampai 30 dosis vaksin bagi masyarakat. Adapun mekanismenya tetap seperti pelaksana vaksin biasa. Hanya saja penerima vaksin tidak harus turun dari kendaraan. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan di atas kendaraan juga. Terakhir, dipantau aktivitas pasca vaksin selama 30 menit.

Dijelaskan, masyarakat yang divaksin ini sebelumnya diberikan penjelasan terlebih dahulu. Sebelum divaksin. Masyarakat yang sudah divaksin, juga dimintai datanya. Guna pemberian vaksin tahap kedua.

Kegiatan ini akan dilakukan secara berlanjut. Paling tidak akan dilakukan sekali dalam seminggu. Karena merupakan bentuk dari program vaksinasi. Nantinya, akan dilakukan kegiatan vaksinasi massal. Sambil menunggu ketersediaan vaksin. Rencananya, vaksinasi massal akan dilaksanakan pada 3 April mendatang.

Dalam hal ini, Sumbawa masuk kategori zona biru vaksinasi. Sebab, progres vaksinasinya sangat cepat. Dimana targetnya sudah melebihi 80 persen. Sebenarnya, Kabupaten Sumbawa membutuhkan vaksin lebih banyak. Namun, karena vaksin yang didistribusikan diatur oleh Pemprov NTB, jadi vaksinnya disisihkan guna kegiatan vaksinasi biasa, vaksinasi drive thru dan terakhir vaksinasi massal.

Sementara itu, Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, S.IK., M.H. mengatakan, kegiatan ini bukti bahwa kepolisian turut serta menyukseskan program pemerintah. Dalam rangka menyukseskan program vaksinasi. Guna memutus penyebaran mata rantai Covid-19. “Segala upaya kami lakukan. Agar target yang harus dicapai, masyarakat Sumbawa harus tervaksinasi. Ini salah satu bentuk upaya saja. Bagaimana bentuk metodenya, kita melihat situasi dan kultur budaya masyarakat Sumbawa,” pungkas kapolres. (Hms)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *