Kapolda NTB Resmikan Tempat Belajar dan Meluncurkan 4 Kapal di Acara Launching Website dan Media Terapung Polairud Polda NTB

  • Share

LOMBOK BARAT – Direktorat Polisi dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB melaunching website dan sentra pelayanan media terapung di terminal penumpang Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (10/4/2011).

Acara itu dirangkai dengan pelucurkan perdana 2 buah kapal RIB Intersip dan 2 kapal RIB Ship Thender, selain itu dirangkai juga dengan peresmian gedung belajar anjungan cerdas bayangkari cendikia di kampung nelayan Teluk Gok, Dusun Medang, Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Acara itu dihadiri Kapolda NTB, Waka Polda NTB dan pejabat utama (PJU) jajaran Polda NTB, Bupati Lombok Barat di wakili asisten III kabupaten lombok Barat Dan Lanal Mataram dan beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Acara dibuka dengan pemutaran video simulasi penggunaan website dan pelaksanaan mediasi terapung serta fungsi 4 kapal Polairud yang di luncurkan hari itu, terakhir video kondisi masyarakat teluk Gok yang dibangunkan sarana belajar oleh Bhayangkari NTB.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk Direktur Polairud Polda NTB Kombes Pol Khobul Syahrin Ritonga dan anggota Polairud lainnya karena berhasil melakukan berbagai inovasi dalam menjalankan tugasnya sebagi Polisi di bidang perairan dan udara di NTB.

“intervensi kepolisian dirindukan oleh masyarakat, Polairud paham betul bahwa yang harus kita Kemukakan di dalam berbagai strategi Direktorat kepolisian perairan dan udara yaitu melakukan pelayanan dan pengayoman bagi masyarakat,” jelasnya.

Usai melaunching website dan program mediasi terapung, acara dilanjutkan dengan pelucuran 4 kapal cepat yang baru di adakan Polairud Polda NTB di tahun 2021 ini.

Peluncuran ditandai dengan pemecahan kendi di badan kapal oleh Kapolda NTB di dampingi Dirpolairud dan PJU Polda Lainnya, acara peluncuran diawali dengan doa bersama.

“saya berharap dengan adanya 4 kapal ini pelayanan Polairud kepada masyarakat lebih meningkat dan Polisi lebih disayangi masyarakat,” harapnya.

Setelah itu polda NTB bersama rombongan menuju Teluk Gok menggunakan kapal dan berlabuh di pesisir pantai Teluk Gok sekitar pukul 12.00 wita, untuk meresmikan gedung belajar anak-anak yang diberi nama anjungan cerdas bhayangkari cendikia, dibangun atas kerjasama Bhayangkari NTB, Polairud dan tokoh masayarakat Sekotong H Tedy.

Tawa bahagia Kapolda Bersama istri terlihat ketika bercengkrama dengan anak-anak di Teluk Gok, keduanya tertawa lepas seolah tidak menghiraukan orang sekelilingnya.

“saya dan istri saya sangat bahagia melihat anak-anak ini, ini memang menjadi impian istri saya, dia ingin berbuat sesuatu untuk orang lain, dan akhirnya hari ini tercapai juga,” jelasnya.

Asisten III Setda Lobar H Ilham ucapkan terimaksih kepada Polda NTB beserta jajarannya yang telah menyiapkan tempat belajar bagi anak-anak di Teluk Gok ini

“nanti kami akan membahasnya dengan dinas pendidikan agar tempat ini dapat dijadikan sebagai sara belajar bagi SD, SMP atau SMA dengan mengkorelasikan dengan sekolah terdekat di sini,” jelasnya.

Direktur Polairud Polda NTB menyebut hari Sabtu ini menjadi hari yang spesial bagi Direktorat Polairud Polda NTB sebab 4 program dapat diresmikan langsung oleh Kapolda NTB dan dihadiri Wakapolda NTB beserta PJU juga Danlanal kemudian dari Pemda Lobar.

Khobul menjelaskan, program website dan mediasi terapung ini tujuannya untuk meningkatkan intensitas komunikasi Polisi khususnya Polairud dengan publik.

“program ini sebagai langkah menciptakan zona integritas ditubuh Polairud Polda NTB menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih Melayani ( WBBM) ,”

“di website ini kami sudah menyipkan fitur-fitur yang bermanfaat bagi masyarakat dan kami, warga bisa memberi msukan, atau memberi penilain terhadap kinerja Polairud melalui websaits tersebut.

“dengan adanya websait ini, kami bisa tau masukan atau kritikan dari maayarakat untuk kami jadikan bahan evaluasi,” jelasnya.

Mengenai media terapung, Khobul menjelaskan seluruh kapal Polairud di NTB akan dijadikan sebagai sarana untuk mediasi.

“bagai maayarakat yang punya masalah khususnya yang berkaitan dengan perairan di NTB, bisa melayangkan aduan melalui website kami polairud.ntb.polri.go.id dan secara otomatis akan diteruskan ABK kekapal yang terdekat untuk dilakukan tindak lanjut,” jelasnya.

Dijelaskan, Selain website warga juga bisa menghubungi nomor telfo (0370)681299 atau nomor HP 0831-1711-2370 apabila membutuhkan bantuan Poalairud.

“nanti pengaduannya akan diteruskan kepada petugas Polairud atau Polres yang terdekat dari tempat penelpon,” jelasnya.

Disisi lain Kadus Teluk Gok mengucapakan terimaksin kepada Polda NTB, lebih khusus lagi kepada Polairud Polda NTB yang banyak membantu warga Teluk Gok mulai dari menyuplai air bersih dan mengadakan fasilitas belajar untuk anak-anak di dusunnya.

“kami ucapkan terimaksih kepada Polda NTB dan khususnya Polairud karena selalu hadir ditengah tengah kami, terutama fasilitas belajar ini,” ungkapnya.

Selebihnya dia meminta agar pemerintah Lobar segera membangunkannya jalan dan sarana ibadah seperti Masjid yang memang sangat di butuhkan oleh warganya.

“memang disini ada masjid tetapi rusak karena gempa beberapa tahun lalu,” ungkapnya.

Mendengar curhatan Kadus dan warga Setempat Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal Mengundang Kadus Teluk Gok untuk datang ke kediamannya di Mataram.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *