Polres bersama Kodim Loteng Bentuk Tim Patroli dan Tim Sekat Khusus Malam Takbiran

by -0 views

Lombok Tengah – Polres Lombok Tengah bersama Kodim 1620 membentuk tim patroli khusus dan tim sekat untuk antisipasi kerumunan pada malam Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

“Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan kecelakaan lalu lintas,” kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK, Rabu (12/5), usai apel gelar pasukan di Praya.

Ia menjelaskan, sesuai hasil rapat koordinasi bersama TNI, Pemerintah daerah dan istansi terkait bahwa pada malam Idul Fitri kali ini untuk kegiatan pawai takbiran tidak diizinkan, namun boleh dilaksanakan di masjid lingkungan sekitar.

“Demi kesehatan bersama dan antisipasi penyebaran Virus Covid-19, takbir keliling tidak dilakukan dengan konvoi,” ujar AKBP Esty.

Pihaknya sudah membetuk peleton dari personil gabungan TNI-Polri untuk patroli khusus yang akan bertugas membubarkan kendaraan yang melakukan konvoi dan kegiatan yang menimbulkan kerumunan di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Tidak hanya itu, peleton khusus yang bertugas untuk melakukan penyekatan juga dibentuknya guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan dalam pelaksanaan tugas dilapangan, personil ditekankan agar mengedepankan sopan santun, humanis namun tegas.

“Kami siapkan tim patroli gabungan khusus untuk memantau agar tidak ada takbir keliling dan menghimbau warga agar melaksanakan takbiran di Masjid masing-masing serta tim penyekat untuk antisipasi kendaraan yang keluar masuk dari luar daerah dan antisipasi kecelakaan lalu lintas,” jelas Kapolres.

Menurutnya, larangan ini untuk mengingatkan masyarakat kalau pandemi masih terjadi, karena lebih baik mencegah dari pada terpapar virus berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *