Ditengah Kesibukan Pantau Tempat Wisata, Vaksinasi Lansia di Lembar Tetap Dikebut

  • Bagikan

Lembar – Masih dalam kesibukan dalam upaya cegah kerumunan di Tempat Wisata dalam Lebaran Topat di Wilayah Kecamatan Lembar, Pelaksanaan Vaksinasi terhadap lansia tetap di kebut.

Kapolsek Lembar,Polres Lobar, Polda NTB, Iptu Boy Ari Purnomo mengatakan kali ini vaksinasi lansia dilaksanakan di Dusun Batu rimpang utara Desa Jembatan kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (21/5/2021).

“Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Sinovac ini merupakan Tahap I dan II, yang dilaksanakan oleh UPT BLUD Puskesmas Jembatan Kembar Kepada lansia,” ungkapnya.

 

Kapolsek Menegasan bahwa, walaupun masih dalam suasana padatnya kegiatan Masyarakat dalam Lebaran ini, Jadwal Vaksinasi tetap dilaksanakan.

“Tetap dikebut, sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam Program Lomba Kampung Sehat Jilid II, dalam menuntaskan vaksinasi Lansia,” katanya.

 

Dalam Lomba kampung Sehat II, yang dinisiasi oleh kapolda NTB ini, di wilayah Lembar berhasil  melakukan vaksinasi terhadap 30 orang, terdiri dari 17 orang menerima vaksin dosis pertama, sedangkan 13 lainnya menerima dosis kedua.

“Awalnya menyasar kepada 50 orang, yang berhasil divaksinasi 30 orang, sedangkan 20 orang lainnya mengalami penundaan,” ujarnya.

Kegiatan vaksinasi mengacu kepada Standar Prosedur yang telah ditetapkan, yang diawali dengan melakukan sterilisasi ruangan dilanjutkan dengan proses regristrasi.

“Dilakukan screaning pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta diagnosis penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes dan ginjal guna memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Setelah vaksinasi, maka dilakukan observasi selama 30 menit, kemudian diberikan kartu tanda telah melaksanakan vaksinasi Covid 19 sesuai dengan aplikasi screening.

“Untuk Jumlah Vaksin Covid -19 produksi sinovac di UPT BLUD Puskemas Jembatan Kembar, sebanyak 11 Vial, terpakai 3 vial, sisa hari ini sebanyak 8 Vial,” ugasnya.

Sisa Vaksin tersebut, disimpan ditempat khusus gudang obat-obatan di Puskesmas Jembatan Kembar Kec. Lembar Kab. Lobar dengan suhu dibawah 8 derajat celsius.

“Karena sudah sesuai dengan Jadwal, jadi bagaimanapun situasinya, ini tetap kita kebut, sehingga kegiatan vaksinasi bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *