Ditsamapta Polda NTB Buka Akses Jalan Malaka Yang Tertimbun Longsor

  • Bagikan

HUKRIMNTB.com | Akibat curah hujan yang tinggi, beberapa titik ruas jalan nasional di Desa Malaka wilayah Kabupaten Lombok Utara tertimbun longsoran tanah, 16/10.

Tumpukan tanah, batu dan pepohonan di jalan nasional itu mengakibatkan akses jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan, sehingga masyarakat harus mengambil rute memutar melalui wilayah Pusuk Lestari atau melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Dari pantauan personil Ditsamapta Polda NTB, ada 4 titik yang perlu untuk dilakukan perbersihan longsoran akibat hujan, yaitu pada Dusun Malimbu, Dusun Badung, Dusun Setangi dan Dusun Nipah.

Pada pukul 20.00 Wita dibawah Pimpinan Direktur Samapta Polda NTB Frido Situmorang, S.H., S.i.K., bersama personil Ditsamapta Polda NTB sebanyak 80 orang sudah tiba dilokasi, dengan membawa peralatan pendukung berupa chainsaw, sekop, termasuk juga kendaraan rescue.

Dilokasi longsor, personil berkolaborasi dengan instansi terkait, diantaranya BPBD Prov. NTB, Dinas PUPR dan Balai Jalan.

Direktur Samapta Polda NTB dalam kesempatan itu memberikan keterangan kepada media, bahwa Polda NTB dan Instansi terkait akan melaksanakan pembersihan jalur jalan nasional di Desa Malaka yang tertimbun longsoran.

Dari Dinas PUPR telah mengerahkan alat berat, dan personil lainnya bekerjasama membersihkan pohon pohon yang menutup jalan, baik secara manual dengan menggunakan Chainsaw maupun menggunakan kendaraan rescue terhadap batang pohon yang tidak bisa di kerjakan oleh manusia.

Direktur Samapta Polda NTB menambahkan dalam kesempatan itu juga personil Ditsamapta Polda NTB membantu warga yang kendaraannya terjebak lumpur.

Atas kejadian tersebut, hingga saat ini belum ditemukan adanya korban jiwa, tidak ada relokasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, warga terdampak secara sukarela mengungsi ke rumah2 warga yang lebih aman guna menghindari dampak yang ditimbulkan oleh hujan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *