Ratusan Rumah Tergenang, Bhabinkamtibmas Himbau Warga Tetap Tenang

  • Bagikan

Kota Bima, (07/01) – Sejumlah dusun di Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Rabu (06/01) sore hingga malam kemarin diterjang banjir. Akibatnya ratusan rumah warga tergenang hingga warga terpaksa mengevakuasi barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

Sejumlah dusun yang paling parah diterjang banjir dijelaskan Kapolres Bima Kota melalui Kasubag Humas Ipda Ridwan mengatakan antara lain Dusun Bajo Sarae dan Dusun Gusung Desa Bugis.

“Banjir mulai melanda sekitar pukul 17.55 WITA, utamanya di RT 12, 13 sampai RT 15 Dusun Gusung. Banjir ini juga akibat meluapnya air sungai Jangka Sape,” tutur Kapolres kepada wartawan Rabu (06/01) malam.

Ketinggian banjir yang menggenangi perumahan warga tersebut lanjut Ridwan hingga mencapai lutut orang dewasa. Sebagian warga harus mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi.

“Anggota Bhabinkamtibmas Desa Bugis Aipda Jainal Arifin terus menghimbau kepada warga sekitar untuk tetap tenang dan ikut membatu warga binaannya yang melakukan evakuasi barang-barangnya,” terangnya.

Setelah air bah menggenangi rumah warga hingga beberapa jam lamanya, sekitar pukul 21.25 WITA, sejumlah lokasi yang tergenang mulai surut. Warga pun bebernya langsung membersihan lumpur di dalam rumah mereka masing-masing.

“Alhamdulillah akibat banjir ini tidak ada menimbulkan korban jiwa. Pemukiman warga yang tergenang banjir juga tidak sampai rusak,” urainya.

Ridwan menyebutkan banjir ini merupakan dampak banjir kiriman dari wilayah Kecamatan Wawo dan Desa Sari Kecamatan Sape, yang dimana kebiasaan warga sekitar mengalihkan fungsikan hutan menjadi lahan pertanian.

“Juga akibat meningkatnya curah hujan di wilayah Wawo dan Desa Sari serta meluapnya air Sungai Jangka Sape,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *